11 Tips Mencari Uang Tambahan bagi Karyawan

  • 4 min read
  • Jan 09, 2021
Tips Mencari Uang Tambahan bagi Karyawan
Daftar Isi [ Tutup ]

    Cash Flow Bisnis, Apabila Anda ingin tahu tips mencari uang tambahan bagi karyawan?, Tepat sekali berkunjung ke blog ini, karena artikel kali ini akan menjelaskan secara detail tentang peluang usaha sampingan karyawan.

    Tips Mencari Uang Tambahan bagi Karyawan
    Tips Mencari Uang Tambahan bagi Karyawan

    Tips Mencari Uang Tambahan bagi Karyawan

    Efek dar pandemi memang dirasakan semua orang, tak terkecuali bagi karyawan.

    Kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu meningkat secara signifikan, selain itu harganya juga cenderung naik sehingga mengharuskan untuk memenuhinya dengan beberapa hal. Inilah mengapa penting untuk mengetahui cara mencari uang tambahan bagi karyawan.

    Contoh Usaha Sampingan untuk Karyawan

    Karyawan merupakan salah satu profesi yang banyak digeluti masyarakat saat ini. Meski terlihat terjamin dalam hal finansial, namun beberapa kurang mencukupi terutama yang sudah berkeluarga sehingga perlu mencari tambahan.

    Lalu bagaimana contoh usaha sampingan untuk mencari penghasilan tambahan?:

    1. Bisnis Jasa secara Online

    Saat ini kemajuan zaman memberi banyak peluang bisnis baru, salah satunya yaitu berkaitan dengan menyediakan jasa secara online. Misalnya saja mengantar makanan, ojek online, toko online, dan masih banyak lainnya. Bahkan, ada juga yang tidak memutuhkan modal sama sekali.

    Jika Anda seorang karyawan pilih jadwal yang tidak mengganggu, misalnya saja menggunakan sistem shift. Caranya, disela-sela waktu tersebut membuka jasa secara online. Akan tetapi, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama yang dijalani.

    2. Menyewakan Rumah atau Mobil

    Memiliki rumah pribadi atau sewaan yang terlalu luas tentu selain lebih boros untuk biaya listrik juga kurang nyaman untuk ditinggali sendirian. Untuk itu menyewakannya menjadi salah satu solusi terbaik, namun sebelumnya siapkan ruang yang layak guna nantinya dijadikan kamar.

    Selain rumah kendaraan yang tidak terlalu digunakan dapat menjadi bisnis sampingan yaitu dengan disewakan baik harian, mingguan, atau bulanan. Maka, lakukan beberapa hal untuk menjamin keamanannya, misalnya persyaratan harus meninggalkan identitas asli seperti KTP (jaminan).

    3. Menjadi Pembawa Acara

    Saat ini masyarakat sering menggelar berbagai acara misalnya ulang tahun, pernikahan, seminar, wisuda, dan masih banyak lainnya. Hal ini memberi banyak peluang bagi Anda yang ingin mencari tambahan pendapatan, yaitu menjadi MC atau pembawa acara.

    Perlu diketahui bahwa, bidang ini harus memiliki kemampuan publik speaking baik dengan tujuan agar saat di depan para audiens tidak grogi dan gaya bicara sudah bagus. Caranya cukup latih secara rutin baik secara otodidak atau dengan guru les khusus di sela-sela waktu senggang.

    4. Membuka Kursus Online

    Cara mencari uang tambahan bagi karyawan satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan khusus, misalnya menggambar, fotografi, desain grafis, dan sebagainya. Promosi layanan juga bisa dilakukan melalui media online.

    Saat ini media tersebut banyak diakses oleh masyarakat terutama para remaja yang bisa membuka peluang besar. Cara jitunya yaitu dengan membuat video berkualitas tinggi serta mengedepankan keunikan dan ciri khas agar membedakan dengan lainnya.

    5. Membuka Toko Online

    Kemajuan perkembangan teknologi saat ini memberi banyak peluang bagi karyawan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan membuka toko online. Sebelumnya siapkan jenis barang, target market, platform jualan, cara pengemasan agar menarik dan pemasok jika diperlukan.

    Faktor tersebut merupakan salah satu penentu Anda menjadi rujukan masyarakat untuk mendapatkan hasil maksimal. Gunakan beberapa platform untuk promosi atau tempat jualan seperti Lazada, Bukalapak, Shopee dan semacamnya. Namun selalu perhatikan kualitas, kecepatan pengiriman, respon kepada pelanggan agar mendapat bintang 5.

    6. Mengadakan Garage Sale

    Memiliki terlalu banyak barang yang tidak terpakai tentu akan membuat ruangan semakin sempit. Agar hal tersebut dapat diminimalisir cara tepat adalah dengan melakukan garage sale, yaitu menjual barang-barang tersebut dengan harga di bawah rata-rata sehingga bisa mendapat keuntungan.

    Selain itu Anda juga bisa membantu orang lain yang membutuhkan, namun tetap perhatikan kualitasnya agar bisa menjadi pelanggan setia. Jika ingin melakukannya secara rutin, jangan ragu untuk menawarkan jasa penjualan untuk barang-barang tidak terpakai.

    7. Menjadi Dropshipper

    Menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin memperoleh penghasilan tambahan namun dengan modal minim, yaitu cukup bermodal kuota internet saja. Keunggulan lain yakni transaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asal ada keneksi internet.

    Selain itu hal penting lainnya yaitu dalam pemilihan pemasok, usahakan memilih yang berkualitas bagus serta harganya tidak terlalu mahal. Tujuannya agar pelanggan percaya dan melakukan repeat order, sehingga penjualan bisa meningkat drastis dengan keuntungan memuaskan.

    8. Menjadi Penerjemah

    Kemampuan berbahasa asing merupakan salah satu peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk berbagi ilmu dengan orang lain serta mendapatkan tambahan penghasilan tanpa modal. Hanya saja harus memiliki kuota internet dengan kecepatan stabil agar lebih lancar dan nyaman.

    Peluang ini dapat Anda maksimalkan karena jasa penerjemah semakin dibutuhkan oleh perusahaan besar, individu, lembaga. Biasanya mereka akan mencari di situs-situs freelancer. Akan tetapi, persaingan juga ketat mengingat bukan hanya seorang saja yang membutuhkannya.

    9. Menjadi MUA

    Bisnis make up menjadi salah satu bidang yang banyak dibutuhkan masyarakat saat ini untuk berbagai keperluan. Sebelumnya perlu diperhatikan terkait bakat, pengalaman, kelengkapan alat, sebab semua itu juga berpengaruh pada hasil akhir dan citra diri Anda.

    Kepuasan konsumen bergantung pada hasil yang didapatkannya, biasanya mereka akan melihat bagaimana perubahan tampilannya sebelum dan sesudah di make over. Selain itu usahakan untuk mengaplikasikan produk berkualitas berkualitas untuk memberi kesan yang tidak terlupakan.

    10. Melakukan Investasi

    Ada banyak investasi yang dapat Anda coba, misalnya emas, saham, atau reksadana. Usahakan memilih dengan risiko rendah agar jika nantinya terjadi kendala tidak rugi terlalu besar. Saat ini sudah banyak orang yang terjun pada bidang investasi dan mendapat keuntungan cukup besar.

    Umumnya semakin besar risiko yang dimiliki, maka potensi imbal balik juga lebih banyak. Oleh sebab itu penting mempelajari secara mendalam terkait investasi, misalnya dari bidang risiko, trik jitu, serta cara kerjanya. Tujuannya untuk memaksimalkan hasil, meski dengan modal terbatas.

    11. Menjual Menu Sarapan

    Menu sarapan sangat dibutuhkan terutama untuk masyarakat yang memiliki tingkat kesibukan tinggi (kota besar). Langkah ini bisa menjadi peluang bagi karyawan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat kuliner simpel yang menyehatkan.

    Namun usahakan memilih menu yang banyak disukai atau pilih dengan keunikan tersendiri. Tujuannya yaitu agar konsumen bisa mendapatkan sensasi baru sehingga tidak bosan. Oleh karena itu, pilih cara pengemasan menarik, misalnya dengan box atau hanya sekedar bungkus daun.

    Baca juga: 5 Tahapan Strategi Bisnis Menurut Para Ahli

    Kesimpulan

    Sekian artikel tentang tips mencari uang tambahan bagi karyawan, cara tersebut bisa Anda coba. Namun, sebaiknya pastikan dulu sesuai dengan passion serta tujuan konsumen. Faktor modal yang minim jangan sampai menjadi hambatan untuk menjalankan usaha yang menghasilkan.