5 Tahapan Strategi Bisnis Menurut Para Ahli

  • 3 min read
  • Apr 15, 2020
Tahapan Strategi Bisnis

Cash flow Bisnis, 5 Tahapan Strategi Bisnis Menurut Para Ahli – Tahukah Anda tahapan strategi bisnis?, Jika Anda belum mengetahuinya, maka sudah tepat jika berkunjung di blog ini. Karena artikel kali ini akan mengupas tentang tahapan penting dalam menyusun strategi bisnis menurut para ahli. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca artikel tentang tahapan strategi bisnis dibawah ini hingga tuntas.

Tahapan Strategi Bisnis
tahapan strategi bisnis

Sebelum Anda terjun serius kedunia bisnis, Anda harus mengetahui betapa pentingnya sebuah manajemen demi kemajuan bisnis Anda. Dalam proses manajemen proyek, hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mempersiapkan perencanaan atau planning yang akan Anda lakukan untuk mencapai “Target goal” bisnis Anda.

Pasalnya, dengan Anda memiliki planning bisnis, agar Anda siap menghadapi kondisi terburuk yang akan terjadi pada bisnis Anda nantinya.

Tahapan Strategi Bisnis

Agar planning Anda berjalan sempurna, sepatutnya Anda juga harus memiliki strategi agar apa yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai ekspektasi. Nah, dengan strategi bisnis yang tepat, maka bisnis Anda pun akan berjalan menjadi lebih berkembang.

Berikut ini adalah 5 tahapan strategi bisnis yang baik menurut para ahli:

1. Mengembangkan Visi Strategis

Visi strategis bisnis merefleksikan aspirasi manajemen mengenai arah masa depan organisasinya, dan juga memberikan gambaran secara rinci mengenai “ke mana kami akan pergi”.

Visi ini dapat mengarahkan tujuan perusahaan jangka panjang dan membentuk identitas organisasi. Visi Strategi menunjukkan arah organisasi ke arah tertentu dan grafik jalur strategis yang harus diikuti organisasi.

2. Menetapkan Tujuan Strategis

Fungsi dari menetapkan tujuan adalah untuk mengkonversi pernyataan visi dan misi managerial menjadi target kinerja spesifik – hasil dan keluaran yang ingin dicapai organisasi. Menetapkan tujuan dan kemudian mengukur apakah mereka telah mencapainya atau belum dapat membantu manajer untuk mengikuti perkembangan organisasi.

Menetapkan sasaran atau tujuan kinerja diperlukan dari seluruh manajer. Setiap unit dalam perusahaan memerlukan target yang konkret dan kinerja yang dapat diukur dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

Disini tujuan perusahaan yang luas diperinci menjadi target-target khusus untuk setiap unit organisasi dan manajer di level yang lebih rendah memegang tanggung jawab untuk mencapainya. Dengan demikian diharapkan, iklim yang berorientasi hasil (result oriented culture) akan terbentuk di seluruh perusahaan.

3. Merumuskan Strategi Bisnis

Setiap perusahan harus mempunyai strategi bisnis untuk merepresentasikan jawaban manajemen terhadap sejumlah pertanyaan bisnis seperti:

  • Apakah akan berkonsentrasi dalam satu bisnis atau membangun kelompok bisnis yang beraneka ragam.
  • Apakah ingin menjangkau konsumen yang lebih luas atau fokus pada pasar yang sempit.
  • Apakah mengembangkan jalur produk yang luas atau yang lebih spesifik.
  • Apakah mengejar keuntungan kompetitif berdasarkan pada rendahnya biaya atau superioritas produk atau kemampuan organisasi yang unik.

Strategi membawa kepada isu penting tentang bagaimana cara mencapai target hasil sesuai dengan situasi organisasi dan prospeknya. Tujuan adalah hasil akhirnya, dan strategi adalah alat untuk mencapainya.

4. Eksekusi Strategi

Semua strategi dan visi tak akan berarti tanpa bisa di-eksekusi secara tuntas dan maksimal. Untuk membantu agar strategi dapat diimplementasikan dengan baik, dibutuhkan sejumlah hal, antara lain:

  • Semua level muncul kepemimpinan yang kuat dan berorientasi pada tindakan (Action Oriented Leadership).
  • Kapabilitas organisasi yang adaptif.
  • keterkaitan antara strategi dan kebijakan remunerasi para karyawan.

Selain itu, keberhasilan pelaksanaan strategi juga akan ditopang oleh dukungan sistem IT yang mumpuni dan juga adanya keterkaitan alokasi anggaran dengan strategi.

5. Evaluasi Strategi Bisnis

Langkah terakhir adalah proses pelaksaaan strategi harus dievaluasi secara reguler. Dalam fase evaluasi ini dapat dilihat apakah segalanya sudah berjalan dengan baik, dan sesuai yang diinginkan. Anda harus mengevaluasi elemen apa saja yang masih belum sempurna pelaksanaannya dan meleset dari target yang telah ditetapkan.

Elemen ini harus segera dilakukan tindakan korektif, agar arah dan pelaksanaan strategi dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Video tentang tahapan strategi bisnis dapat Anda lihat dibawah ini:

tahapan strategi bisnis

Baca juga:

Akhir Kata

Sekian artikel dari Cash Flow Bisnis yang bisa dibagikan, tentang 5 tahapan strategi bisnis menurut para ahli, dimana Anda harus mengetahui pentingnya menyusun strategi bisnis untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke cashflowbisnis.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin@cashflowbisnis.com. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Bisnis selanjutnya.

“Plan for the worst and hope for the best”